Rabu, 30 Mei 2012

Wanita Hamil Saat Diet Cenderung Punya Anak Gemuk


foto

Wanita Hamil Saat Diet Cenderung Punya Anak Gemuk

TEMPO.CO, Jakarta- Para wanita yang hamil ketika sedang melakukan diet lebih cenderung memiliki anak yang kegemukan (obesitas) atau terkena diabetes di kemudian hari. Demikian sebuah studi mengungkapkan.

Para peneliti menemukan dalam sebuah studi yang dilakukan pada domba dengan memberikan lebih sedikit makanan saat hamil ternyata menyebabkan perubahan DNA di otak saat mereka muda.

Ilmuwan dari University of Manchester menduga temuan ini hasilnya juga akan sama pada manusia dan bisa menjelaskan mengapa anak kembar lebih cenderung mengalami diabetes tipe 2 saat mereka dewasa. Para ilmuwan kemudian meneliti jaringan otak dari kambing yang belum lahir untuk melihat apakah terjadi perubahan struktur DNA.

“Kami menemukan bahwa kambing kembar yang belum lahir mengalami perubahan struktur DNA di wilayah otak yang mengatur asupan makanan dan glukosa yang berdampak pada peningkatan peluang terjadinya diabetes saat dewasa,” kata Ketua peneliti, Anne White, seperti dikutip situs Daily Mail edisi 3 April 2012. Hasil penelitian ini dipublikasikan di Journal of the Federation of American Soceties for Experimental Biology.

“Temuan kami mengungkapkan sebuah alasan mengapa kembar lebih cenderung terkena diabetes. Tapi kami juga melihat para ibu yang tidak cukup makan saat mereka sedang hamil kemungkinan mempunyai anak yang tumbuh dengan kecenderungan peningkatan risiko obesitas,” ucap White.

Para peneliti yakin bahwa temuan mereka relevan dengan manusia karena mereka menunjukkan cara non-genetis atau epigenetik, yakni DNA anak-anak bisa berubah. “Temuan ini mengungkapkan sebuah pemahamam baru mengapa kembar bisa mengalami diabetes dan juga menunjukkan bahwa diet saat hamil kemungkinan meningkatkan peluang anak menjadi kegemukan di kemudian hari,” kata White.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar