Selasa, 29 Mei 2012

Bahaya Diet


Waspadai 5 Bahaya Diet Tidak Sehat Ini!

Memiliki tubuh sehat dengan berat badan ideal pasti menjadi keinginan setiap orang. Olahraga dan diet tetap menjadi kunci utama dalam mewujudkan hal ini. Tidak sedikit orang yang telah bersusah payah berdiet, tapi tidak mendapatkan hasil maksimal seperti yang diharapkan, karena banyak di antara mereka yang terjebak dalam diet tak sehat.

Memangkas asupan kalori secara berlebihan merupakan contoh penerapan diet tak sehat yang justru dapat merugikan kesehatan Anda. Selain membuat tubuh Anda mengalami kekurangan asupan nutrisi penting, diet tak sehat juga dapat membahayakan kesehatan Anda. Nah, berikut ini adalah 5 akibat yang bisa terjadi jika Anda menjalankan pola diet tak sehat.
  1. Kelaparan & Makan Berlebihan
    Hal pertama yang mungkin Anda rasakan jika menjalankan diet tak sehat adalah, munculnya keinginan makan berlebihan. Jika Anda memangkas kalori secara berlebihan dalam diet Anda dan mengkonsumsi makanan dalam porsi sangat sedikit dengan kandungan gizi yang minim, maka tubuh Anda akan bereaksi untuk memenuhi kekurangan tersebut yang ditandai dengan keinginan untuk makan dalam porsi yang lebih besar. Apalagi jika Anda sulit tidur di malam hari karena lapar.
  2. Hilangnya Massa Otot
    Diet yang tidak dilengkapi dengan asupan protein yang cukup juga dapat mengakibatkan hilangnya massa otot Anda. Bagaimanapun juga, tubuh membutuhkan asupan protein yang cukup setiap hari agar dapat menjalankan fungsinya dengan benar. Selain membantu pembentukan otot, protein juga berperan dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Ketika Anda tidak mengkonsumsi protein dalam jumlah cukup, maka tubuh dapat “memakan” jaringan ototnya sendiri.

  3. Kelelahan dan Mual
    Pengurangan kalori secara berlebihan yang Anda jalankan dalam diet, ternyata dapat memicu kelelahan dan bahkan dalam kasus tertentu dapat menyebabkan mual. Salah satu contoh diet tak sehat yang dapat memicu ke dua hal tersebut adalah, mengkonsumsi jus saja selama berminggu-minggu tanpa mengasup makanan padat sama sekali. Inilah yang dapat memicu beberapa gangguan kesehatan seperti kelelahan, pusing, mual, dan sakit kepala.
  4. Berat Badan Bertambah
    Tantangan utama jika Anda terjebak dalam pola diet tak sehat adalah, diet ini tidak akan berlangsung lama. Lantas apa yang terjadi jika Anda tidak dapat melanjutkannya? Anda akan melampiaskan kegagalan diet Anda dengan makan sesuka Anda, yang akhirnya akan membuat berat badan Anda kembali naik, dan bisa jadi berat badan Anda bertambah lebih banyak dari berat badan Anda sebelumnya. Nah, daripada Anda berfokus memangkas kalori secara besar-besaran dalam sehari, lebih baik Anda memangkas kalori Anda secara bertahap, misalnya cukup dengan memotong beberapa ratus kalori dalam sehari yang bisa Anda jalankan dalam waktu yang lama. Kemudian kombinasikan dengan olahraga yang cukup. Dengan cara ini Anda akan membakar kalori lebih banyak dan tidak terjebak dalam diet yang tak sehat.
  5. Gangguan pada Kesehatan Mental 
    Tak hanya merugikan kesehatan secara fisik, pola diet tak sehat juga dapat mengganggu kesehatan mental Anda. Seiring tubuh yang tidak mendapatkan cukup kalori dan kekurangan energi, tubuh akan mendapatkan stres yang akhirnya dapat mempengaruhi kondisi psikologis Anda. Banyak orang merasa uring-uringan dan dan mudah tersinggung saat merasa lapar akibat diet yang ekstrim. Bahkan, dalam tingkat yang lebih lanjut dapat menyebabkan depresi yang parah.
Cara terbaik untuk menghindari dampak dari diet yang tidak sehat adalah dengan menjalankan pola makan sehat. Lakukan setiap proses secara bertahap dan tingkatkan rutinitas olahraga Anda. Seiring berjalannya waktu, Anda akan merasakan hasilnya. Berat badan sedikit demi sedikit turun, dan hasil ini dapat Anda rasakan dalam jangka waktu yang lebih panjang. Semoga berhasil

Tidak ada komentar:

Posting Komentar