Rabu, 30 Mei 2012

Hindari Kelebihan Makanan dalam Diet

Hindari Kelebihan Makanan dalam Diet


Kelebihan makanan dapat berakibat buruk bagi kesehatan Anda, karena kelebihan makanan dapat menyebabkan kelebihan bahan kimia tertentu, sehingga tubuh kita sulit menanggulangi keadaan kelebihan bahan kimia tersebut. Apa yang akan terjadi jika di dalam tubuh kita terjadi kelebihan bahan kimia? Tentu saja akan menimbulkan masalah yang dapat merugikan Anda sekalian.

Kelebihan bahan kimia akibat kelebihan makanan ini akan menimbulkan gangguan iritasi, peradangan (inflamasi), atau alergi. Misalnya gangguan penyakit coeliac (coeliac disease) disebabkan glutein gandum, dan butir lainnya yang merusak dinding usus. Kondisi diabetes mellitus (kencing manis) atau hipoglikemi diketahui karena konsumsi gula yang berlebihan.

Sembelit, radang selaput lendir, alergi, penyakit jantung, stroke banyak juga dikaitkan dengan pemakaian produk susu yang berlebihan. Gangguan pembuluh arteri dan otot jantung lainnya disebabkan karena kekurangan mineral magnesium (Mg). Masih banyak lagi kondisi-kondisi penyakit yang dikarenakan oleh karena faktor makanan.

Meskipun belakangan faktor gen diketahui menjadi salah satu penyebab munculnya penyakit-penyakit tersebut, namun faktor makanan yang tidak seimbang akan menambah daftar panjang munculnya (terekspresinya) gen-gen yang telah defek (rusak) tersebut. Atau bahkan celakanya kelebihan bahan kimia akan memicu perubahan gen. Nah, perubahan gen ini akhirnya akan memunculkan manifestasi klinis dan gejala-gejala penyakit tertentu.**Lily Kasim**

Tidak ada komentar:

Posting Komentar