Rabu, 13 Juni 2012

DIET JITU CARA MELAYU


 
 
Jika Anda termasuk salah satu yang ciut nyali untuk berdiet, mungkin diet yang satu ini layak dicoba, yakni diet kaya serat. Apa keistimewaannya? Mengapa disebut cocok buat perut orang Melayu?

Dalam metode diet kaya serat, Anda tetap bisa kenyang makan nasi. Bedanya, nasi yang dipakai bukan dari beras putih, melainkan beras merah. “Belakangan ini, diet kaya serat dengan beras merah memang sedang naik daun, karena dianggap cocok untuk orang Indonesia yang terbiasa mengonsumsi nasi. Dari mana asal diet ini, memang kurang jelas. Mungkin, awalnya sekadar mengikuti tren yang ada, karena katering-katering makanan sehat banyak menggunakan nasi beras merah dalam menunya. Karena ternyata banyak yang mengaku sukses, akhirnya menyebar dari mulut ke mulut.

Karena tak jelas penciptanya, menurut dr. Abdullah Firmansah, SpGK, MKes., konsultan gizi sekaligus pengajar di Bagian Ilmu Gizi Medik, Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran, Bandung, pola makan ini akhirnya disebut sebagai diet kaya serat (sebutan populernya belum dikenal). Sumber karbohidrat utama dari diet ini memang hanya mengandalkan beras merah, yang kandungan seratnya tinggi sekali. “Secara umum, kandungan gizi karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral antara beras merah dan beras putih sebenarnya hampir sama. Bedanya, kandungan asam lemak, vitamin B1, dan mineral magnesium dalam beras merah sedikit lebih tinggi. Perbedaan yang paling mencolok ada pada kandungan seratnya. Serat dalam beras merah enam kali lebih tinggi dari beras putih! Dalam 100 gram nasi beras merah, terkandung 1,8 gram serat. Sementara, 100 gram nasi beras putih hanya terkandung 0,3 gram serat,” dr. Firmansah memaparkan.

Dilihat dari jumlah seratnya, ia melanjutkan, cara diet ini juga sangat cocok untuk memenuhi kebutuhan serat bagi mereka yang jarang –atau bahkan tidak suka-- makan sayuran. Bukan hanya untuk orang dewasa, diet ini juga baik untuk anak-anak, termasuk balita yang sudah bisa mengunyah dengan baik.

Penelitian mengenai pola makan kaya serat dengan beras merah memang belum banyak dilakukan. Namun, dari pengakuan banyak pelakunya, diet yang satu ini ternyata cukup ampuh menurunkan berat badan. “Betul, diet ini memang baik sekali, bahkan efektif untuk mempertahankan dan menurunkan berat badan. Jika konsisten dijalani, dalam waktu dua minggu hasilnya sudah bisa dirasakan. Apalagi bila disertai dengan peningkatan aktivitas fisik, seperti berolahraga,” ujar dr. Firmansah, mantap.

Dokter Firmansah menjelaskan, “Selain efektif menurunkan berat badan, diet kaya serat dengan beras merah ini memang bisa membuat tubuh menjadi sehat. Karena, diet ini mampu menurunkan kadar lemak dalam darah, kadar gula darah, dan kadar asam urat. Bagi penderita hipertensi yang overweight atau obesitas, tekanan darah yang tinggi juga bisa diturunkan. Karena, biasanya, begitu berat badan menurun, maka tekanan darah juga ikut turun.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar