Rabu, 13 Juni 2012

Cara menurunkan berat badan atau diet dengan Beras Merah




Diet Dengan Beras MerahJika mendengar kata diet, apa yang terlintas dalam benak anda? Menghentikan konsumsi makanan dengan berlebihan? Bisa-bisa anda terkena anorexia jika berpikir seperti itu. Tidak ingin makan sama sekali? Ini dapat memudahkan anda terserang penyakit, karena pertahanan tubuh yang kuat disuplai dari makanan yang kita konsumsi. Bila ada pertanyaan yang terlontar seperti ‘konsumsi apa saja selama diet?’ mayoritas orang pasti menjawab sayuran dan buah-buahan. Ternyata konsumsi makanan bergizi selama diet tak hanya selalu buah-buahan serta sayuran, diet dengan beras merah juga bias diterapkan.
Diet dengan beras merah merupakan hal yang baru terdengar, mungkin belum semua orang mengetahuinya, namun memang banyak manfaatnya. Beras merah sarat akan gizi sehingga beras merah layak dijadikan sebagai makanan pokok yang sehat.

Sehat diet dengan beras merah

Bagaimanakah caranya agar dapat menjalankan diet dengan beras merah dan tetap sehat? Berikut inilah langkah-langkahnya :
  1. Lakukanlah diet dengan beras merah. Jika anda biasa mengkonsumsi beras putih, maka mulai dari sekarang ‘tukarlah’ menjadi beras merah. Hal ini dikarenakan kandungan glikemik pada beras yang lebih tinggi  dimiliki oleh beras putih. Kelebihan konsumsi gula yang berasal dari beras putih dapat memperburuk kesehatan. Penumpukan gula yang berkepanjangan dapat memicu risiko penyakit diabetes.
  2. Konsumsilah buah-buahan dan sayuran yang bervariasi. Semakin tinggi variasi buah dan sayur yang kita makan, maka semakin melengkapi asupan kecukupan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Sebaliknya jika mengkonsumsi sayur/ buah yang sama terus menerus, misalnya tomat, maka kita hanya terpenuhi vitamin C, padahal tubuh kita juga membutuhkan vitamin lainnya untuk menjaga metabolisme yang normal.
  3. Jangan melakukan diet yang ekstrim. Maksudnya disini adalah berpantangan makanan secara berlebihan. Ini bisa berakibat buruk, yaitu kurangnya asupan nutrisi bagi tubuh, jika dilakukan secara terus menerus dampakterburuknya adalah anorexia bahkan bulimia. Masalah ini biasa menimpa remaja putrid, karena mereka tidak mengetahui cara diet yang sehat, juga ingin memiliki bentuk tubuh yang ideal seperti selebriti namun akhirnya malah fatal.

Manfaat Diet dengan Beras Merah

Terdapat berbagai manfaat yang dapat kita peroleh jika melakukan diet dengan beras merah. Manfaat pertama adalah mengurangi risiko terkena penyakit diabetes, penyakit degenerative terutama kanker dan mencegah naiknya kadar kolesterol dalam darah. Diet dengan beras merah dapat menurunkan berat badan, dikarenakan kandungan glikemik yang rendah pada beras merah sehingga efektif dalam menurunkan lemak tubuh. Konsumsi serat dalam jumlah 10 gram dalam sehari dapat menurunkan resiko terkena kanker usus sebanyak 10% seperti dikutip Female First. Konsumsi serat disini maksudnya adalah diutamakan yang berasal dari gandum utuh, oat, beras merah atau bahkan roti gandum.
Di Inggris kanker usus merupakan penyebab kematian dengan jumlah kasus 16 ribu orang lebih besar dari kematian akibat kanker payudara serta kanker prostat. Dalam menjalankan diet, sebaiknya konsultasi dengan dokter maupun ahli gizi mengenai pemilihan jenis diet yang cocok bagi anda.  Selama melaksanakan diet jangan hanya berorientasi pada penurunan lemak tubuh yang signifikan.
Sebaiknya tetaplah menjaga agar indeks massa tubuh anda tetap normal, tidak terlalu kurus juga tidak terlalu gemuk. Karena pada dasarnya sesuatu yang berlebihan dan tidak pada tempatnya pada akhirnya akan menjadi masalah. Walaupun diet dengan beras merah adalah cara yang bagus untuk diet tetapi lebih baik Jalanilah diet secara normal, sehingga kita akan mendapatkan tubuh yang sehat dan ideal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar