Rabu, 13 Juni 2012

Cara Mengelola Menu Diet yang Mudah Disiapkan



Banyak rancangan diet yang menginginkan seseorang untuk percaya bahwa diet adalah hal yang rumit di mana kita harus membeli makanan-makanan yang telah mereka buat atau membuat rencana memasak untuk berhasil. Penurunan berat badan tidak selalu harus melibatkan resep masak yang rumit atau kombinasi makanan yang spesifik.
Menu diet yang mudah hanya membutuhkan sedikit perencanaan dan stok makanan tertentu, namun dapat dengan mudah dipersiapkan untuk makanan yang dapat kita nikmati di rumah maupun di jalan. Dibawah ini ada beberapa tips yang berguna untuk mengelola menu diet yang mudah disiapkan

Fitur

Makanan diet harus memiliki fitur nutrisi yang baik. Makanan seperti whole grains, buah segar dan sayuran segar, sumber protein rendah lemak, produk susu rendah lemak, serta lemak tidak jenuh harus dimasukkan sebagai bagian utama dari rancangan diet alami Anda. Stoklah dapur Anda dengan versi “mudah” dari makanan tersebut.
Pilih kacang-kacangan kalengan rendah garam dan tomat cincang. Belilah dada ayam fillet, bekukan fillet ikan dan hamburger yang rendah lemak. Simpan dalam kantong kol yang telah dicuci terlebih dahulu, wortel, serta sayuran lain yang telah dipotong agar Anda dapat memasak sayuran segar dengan lebih mudah nantinya.
Simpan beberapa  sayuran yang dapat direbus dalam kemasan serta dapat dimicrowave dalam freezer untuk dimasak saat Anda sedang tidak ada waktu untuk memasak. Pilihlah jenis sayuran yang tidak berpati seperti brokoli, kacang hijau, serta kembang kol.
Belilah nasi merah yang mudah untuk dimasak, atau belilah versi beku nasi merah yang dapat dimasak menggunakan microwave hanya dalam waktu beberapa menit.
Past whole wheat, roti whole grain, dan whole wheat cousoucs adalah jenis whole grain yang mudah untuk dipersiapkan. Simpan beberapa butir telur, buah segar, 8 oz yogurt tanpa lemak, daging deli dan keju rendah lemak di kulkas sebagai persiapan.

Strategi

Untuk memasak dengan mudah di  rumah, sajikan sepotong protein rendah lemak (sebanyak porsi 3 oz) dengan ½ sampai 1 cangkir padi-padian (nasi merah) dan salad sebagai makanan pendamping dengan minyak zaitun dan jus lemon.
Saat Anda di restoran, pesanlah menu yang mengandung kata panggang atau rebus dan mintalah agar saus dari menu yang Anda pesan dipisah dari menu utama;
Serta tanyakanlah apakah Anda dapat mengganti pati atau karbohidrat dari menu yang Anda pesan dengan sayuran atau salad (dressing terpisah). Apabila Anda sedang berada di mobil dan hanya memiliki sedikit waktu sebelum rapat dimulai, selalu simpan dan konsumsi keju rendah lemak, segenggam kacang almond, serta pisang dalam tas kecil sebagai makanan 350 kalori yang mudah dipersiapkan.

Tidak konvensional

Makanan Anda tidak harus konvensional. Putih telur orak-arik dengan roti panggang whole grain serta sebutir jeruk sudah dapat dianggap makan malam sederhana. Panaskan sisa dada ayam sisa makan malam dan konsumsi dengan roti whole wheat bersama salsa sebagai sarapan Anda.

Pilihan tercepat

Selalu simpan beberapa jenis makanan rendah kalori beku agar Anda selalu dapat memasak makanan kapanpun tanpa menghabiskan waktu di dapur. Pilihlah makanan yang rendah sodium, karena kebanyakan makanan beku atau olahan mengandung banyak sodium, menurut American Heart Association.
Tambahkan sayuran ektra, dari stok sayuran beku atau salad yang telah Anda cuci sebelumnya. Apabila Anda selalu punya makanan di rumah, Anda akan menghindari makanan cepat saji yang dijual di drive-trough.

Contoh makanan

Menu diet yang mudah disiapkan juga dapat berupa oatmeal dengan berry dan susu kedelai untuk sarapan. Pilihan lainnya adalah dengan membuat roti bungkus dari tortilla whole grain, pisang, serta satu sendok makan selai almond. Bungkus sandwich daing kalkun dengan roti whole grain bersama satu sendok makan keju krim rendah lemak dan tomat.
Tambahkan dengan sebutir apel dan beberapa cracker whole grain. Menu makan siang yang mudah disiapkan lain yang dapat mengontrol jumlah asupan kalori adalah masakan dengan cottage cheese rendah lemak dengan saus apel di atas roti whole-grain. Untuk makan malam, Anda dapat makan salmon yang ditaburi garam dan merica yang dikukus selama 10 – 15 menit pada suhu 400 derajat Fahrenheit.
Sajikan dengan salad dan pasta whole wheat yang Anda rebus selama Anda menunggu salmon masak. Alternatifnya, beli ayam rotisserie, buang kulitnya, serta campurkan dengan kol parut yang telah dicuci sebelumnya, ¼ cangkir kacang hitam kalengan dan salsa. Makan dengan dua tortila jagung.
Secangkir buah tanpa gula, sekotak manisan anggur, 1 oz. kacang-kacangan dan energi bar natural  dengan kalori kurang dari 200 kalori dapat menjadi makanan ringan yang mudah disiapkan, yang sangat penting untuk menanggulangi rasa lapar dan mencegah ngemil

Tidak ada komentar:

Posting Komentar